Jumat, 05 September 2014

LAPORAN PRAKTIKUM PENGUKURAN DAN AYUNAN MATEMATIS FISIKA


LAPORAN PRAKTIKUM
PENGUKURAN DAN AYUNAN MATEMATIS
FISIKA

15957_1067635268516_1755113621_154997_2922723_n

Disusun oleh   :
Kelompok 1 ( Satu)
Nama   :
1.    Aef Saeful Ibrahim
2.    Ida Kasida
3.    Luthfia Zahra
4.    Neneng Aida Maulidiyah
5.    Rina April Latifah
6.    Ummi Mukarramah
Kelas   : Biologi – A / 1
Asisten : Sutisna
               Torikul Fauzi

PUSAT LABORATORIUM IPA BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN) SYEKH NURJATI
CIREBON
2011

                                                            PENGUKURAN
I.                   Tujuan Percobaan
a.       Mempelajari metode pengukuran, massa dan volume
b.      Mempelajari penggunaan teori ralat dalam pengukuran
c.       Membandingkan beberapa metode
II.                Dasar Teori
            Mengukur adalah membandingkan besaran fisis dengan besaran fisis sejenis sabagai standar yang telah diperjanjikan terlebih dahulu. Tujuan mengukur adalah mengetahui nilai besaran fisis dengan hasil yang akurat. Satu benda diukur berulang maka setiap pengukuran boleh jadi memberikan angka ukur berbeda, demikian juga besaran fisis yang sama di ukur oleh orang lain. Jadi usaha untuk memperolehhasil ukur yang tepat betul tidak pernah tercapai, dan yang bisa dicapai hanyalah memperolehhasil terbolehjadi betul, dan nilai kisaran hasil ukur. Suatu pengukuran yang akurat dan presisi sangat bergantung pada metode dan alat ukur yang digunakan.
III.             Metode pengukuran
A.    Mengukur dimensi benda
1.      Ukurlah panjang lebar, tinggi, diameter,dan massa benda tang tersedia
2.      Pilihlah alat ukur yang tepat
3.      Lakukan pengukuranbeberapa kali untuk
4.      Ulangi langkah di atas untuk benda yang bentuk dan jenisnya berbeda.
B.       Mengukur massa jenis benda
1.      Ukurlah panjang lebar, tinggi, diameter,dan massa benda tang tersedia.
2.      Ukurlah volume benda di atas dengan menggunakan gelas ukur.
3.      Lakukan beberapa kali untuk mendapatkan varias data.
IV.             Alat dan bahan
a.       Mistar
b.      Jangka sorong
c.       Mikrometer sekrup
d.      Gelas ukur
e.       Neraca
f.       Benda – benda ukur (berbagai jenis dan bentuk benda)
V.                Hasil pengamatan
1.      Jangka sorong
No

Nama Benda
Diameter luar
Diameter dalam
Diameter kedalaman
Skala utama
Skala nonius
Skala utama
Skala nonius
Skala utama
Skala nonius
1
Gelas kimia
4,7 cm
4,71 cm
5,05cm
0,04cm
6,68cm
6,6cm
2
Spidol
1,5 cm
1,52 cm
1,2 cm
1,25cm
-
-
3
Solatip
3,7 cm
3,70 cm
2,5 cm
2,555 cm
-
-


2.      Mikrometer sekrup
No

Nama Benda
Diameter luar
Diameter dalam
Diameter kedalaman
Skala utama
Skala nonius
Skala utama
Skala nonius
Skala utama
Skala nonius
1
Bandul
13,5 mm
15,6 mm
-
-
-
-
2
Penggaris
0,05 mm
4,01 mm
-
-
-
-
3
Papan box
22,5 mm
1,3 mm
21,8 mm
-
-
-
VI.             Pembahasan
            Setelah kelompok kami melakukan praktikum tentang Pengukuran, kami dapat mengetahui berbagai Janis alat ukur beserta fungsi dan cara penggunaannya. Seperti pada jangka sorong, mikrometer sekrup, dan mistar.
1.      Jangka sorong
jangka sorong
  • Digunakan untuk mengetahui panjang bagian luar maupun bagian benda dengan sangat akurat / teliti
  • Mempunyai tingkat ketelitian sampai dengan 0,1 mm
Jangka sorong seperti pada gambar di atas adalah jangka sorong yang skalanya mudah dibaca. Tetapi jangka sorong yang ada di laboratorium sekolah mempunyai cara pembacaan skala yang berbeda, dimana ada skala utama dan skala vernier/nonius.
jangka sorong2
Cara membaca skala:
baca skala
Hasil pembacaan =  4,74 cm atau 47,4 mm
2.      Mikrometer Sekrup
mikrmeter
  • Digunakan untuk mengetahui ukuran panjang yang sangat kecil
  • Mempunyai tingkat ketelitian sampai dengan 0,01 mm
3.      Mistar
mistar
  • Untuk mengukur benda yang panjangnya kurang dari  50 cm atau 100 cm.
  • Tingkat ketelitiannya 0,5 mm ( ½ x 1 cm)
  • Satuan yang tercantum dalam mistar adalah cm, mm, serta inchi.
Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat, maka sudut pengamatan harus tegak lurus dengan obyek dan mistar.









AYUNAN MATEMATIS
I.                   Tujuan percobaan
a.       Memahami azas ayunan matematis dan gerak harmonis sederhana.
b.      Memahami percepatan gravitasi bumi.
c.       Menentukan percepatan gravitasi bumi di tempat percobaan dilakukan.
II.                Teori dasar
            Percepatan gravitasi bumi adalah percepatan yang dialami oleh benda karena beratnya sendiri. Berat benda adalah gaya tarik bumi pada benda tersebut. Gaya ini disebut dengan gaya gravitasi yaitu gaya tarik menarik antara dua buah massa atau lebih.
III.             Alat dan bahan
1.      Alat ayunan matematis
2.      Stopwatch
3.      Mistar
IV.             Hasil pengamatan
No
Panjang tali (cm)
Berat beban (gram)
Tingkat kemiringan (0)
Waktu (s)
1
50
50
5
11,6

50
70
10
8,92

50
100
15
8,8
2
70
50
5
9,49

70
70
10
9,15

70
100
15
8,55
3
100
50
5
5,43

100
70
10
8,98

100
100
15
8,18

Rumus Ayunan Matematis:
g= 4.2.L              keterangan=  π =3,14
                          T2                                                       L= Panjang tali
                                                                       T= Periode
                                                                       g =  9,8 m/s






V.                Pembahasan
A.    Percobaan 1
1.      Diketahui:
L= 50 cm= 0,5 M
 berat beban= 50 gram
 berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 50 sehingga menghasilkan
           T= 26,24= 1,312
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.0,5
                                                     (1,31)2
                                 = 19,8=11,6 m/s
                                                1,71
2.      Diketahui:
L= 50 cm= 0,5 M
 berat beban= 100 gram
 berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 100 sehingga menghasilkan
           T= 29,73= 1,49
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.0,5
                                                     (1,49)2
                                 = 19,8=8,92 m/s
                                                2,22





3.      Diketahui:
L= 50 cm= 0,5 M
 berat beban= 150 gram
             berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 150 sehingga menghasilkan
            T= 29,97= 1,50
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.0,5
                                                     (1,50)2
                                 = 19,8=8,8 m/s
                                                2,25
B. Percobaan 2
    1.  Diketahui:
L= 70 cm= 0,7 M
 berat beban= 50 gram
 berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 50 sehingga menghasilkan
           T= 34,28= 1,714
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.0,7
                                                     (1,71)2
                                 = 27,72= 9,49 m/s
                                                2,92





2.      Diketahui:
L= 70 cm= 0,7 M
 berat beban= 100 gram
 berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 100 sehingga menghasilkan
           T=34,78 = 1,739
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.0,7
                                                     (1,74)2
                                 = 27,72=9,15 m/s
                                                3,03
3.      Diketahui:
L= 70 cm= 0,7 M
 berat beban= 150 gram
            berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 150 sehingga menghasilkan
            T= 35,75= 1,80
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.0,7
                                                     (1,80)2
                                 = 27,72= 8,55 m/s
                                                23,24






C. Percobaan 3
1.      Diketahui:
L= 100 cm= 1 M
 berat beban= 50 gram
 berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 50 sehingga menghasilkan
           T= 53,5= 2,7
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.0,7
                                                     (2,7)2
                                 = 39,6= 5,43 m/s
                                                7,29
2.      Diketahui:
L= 100 cm= 1 M
 berat beban= 100 gram
 berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 100 sehingga menghasilkan
           T= 42,5= 2,1
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.1
                                                     (2,1)2
                                 = 39, 6= 8,98 m/s
                                                4,41
3.      Diketahui:
L= 100 cm= 1 M
 berat beban= 150 gram
             berayun sebanyak 20x
 sudut kemiringan 150 sehingga menghasilkan
            T= 44,54= 2,2
20
Sehingga :     g =  4.2.L  
                              T2
                                = 4.(3,14)2.1
                                                     (2,2)2
                                 = 39,6=8,18 m/s
                                                4,84
            Dari hasil perhitungan kelompok kami, menyatakan bahwa pada ayunan matematis dalam graavitasi jumlahnya kurang lebih 9,8 dan tidak lebih dari 100.
Percobaan yang kedua adalah menggunakan ayunan fisis. Prosedur kerjanya adalah dengan menggunakan sebuah beban yang dipasang pada sebuah batang sebagai porosnya. Untuk mendapatkan data yang bervariasi letak beban diubah-ubah sehingga jarak kepusat masa (a) berbeda-beda. Kemudian beban diayunkan dan dihitung waktu yang dibutuhkan untuk mencapai 20 kali ayunan.
Data-data hasil percobaan diatas digunakan untuk menentukan percepatan gravitasi (g). Pada ayunan sederhana masa beban dan tali dapat diabaikan sehingga rumus yang digunakan adalah :
Dimana :
 g = percepatan gravitasi (m/s)
L= panjang tali (m)
T= peride (sekon)

Sedangkan perhitungan data dengan ayunan fisis digunakan rumus :
Dimana :
 g = percepatan gravitasi (m/s )
L= panjang batang (m)
T= peride (sekon)
a= jarak ke pusat masa (m)
            Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kesalahan ini, selain karena adanya kurang teliti dalam pengambilan data, ada kemungkinan kesalahan dalam menggunakan rumus. Secara teori pada bandul fisis berat beban tidak diabaikan begitu juga dengan berat batang sebagai lengan ayun. Tapi pada penuntun praktikum berat beban dan batang diabaikan.
Ditinjau dari segi grafik, pada percobaan dengan ayunan sederhana dapat dianalisa bahwa kuadrat waktu ayun berbanding lurus dengan panjang tali yang digunakan. Sedangkan dengan ayunan fisis dapat dianalisa bahwa waktu ayun berbanding lurus dengan jarak ke pusat masa.


Kesimpulan
Setelah dilakukan percobaan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
·         Mengukur adalah membandingkan besaran fisis dengan besaran fisis sejenis sabagai standar yang telah diperjanjikan terlebih dahulu.
·         Macam-macam alat ukur: jangka sorong, micrometer
·          Untuk menghitung percepatan gravitasi dapat digunakan ayunan sederhana dan ayunan fisis.
·          Pada bandul sederhana untuk menghitung percepatan gravitasi, berat beban dan tali dapat diabaikan.
·          Pada bandul fisis untuk menghitung percepatan gravitasi berat beban dan batang tidak diabaikan.



















Daftar Pustaka

http://arifkristanta.wordpress.com/belajar-online/pengukuran/
Kamajaya.2007. fisika,jakrta. Grafindo media pratama






















LEMBAR PENGESAHAN

Laporan praktikum kelompok:
Nama:                                                              Nim
1.   Aef Saeful Ibrahim                         14111610002
2.    Ida Kasida                                      14111620075
3.    Luthfia Zahra                                 14111620080
4.    Neneng Aida Maulidiyah               14111610037
5.    Rina April Latifah                          14111610048
6.    Sri atun                                          
7.    Ummi Mukarramah                        14111620100








Diketahui                                                             Disetujui

                                                                                                           
            Dosen pengampu                                                        Asisten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar